Sarubobo, Si Imut Penangkal Sial

Sosok Sarubobo yang selalu hadir tanpa wajah ini ternyata juga menyimpan kisah misteri

Kepercayaan akan hal mistis ternyata juga berlaku di negara maju. Sarubobo, bagi warga Jepang adalah semacam jimat. Bentuknya mungil, berwarna cerah dan cenderung imut-imut. Sejarahnya, Sarubobo biasanya dibuat oleh para orang tua untuk anak atau cucu mereka. Boneka yang kelihatan unyu ini selain memiliki peran sebagai jimat penangkal bala, juga menyimbolkan harapan dan keberuntungan. Seperti lancar rezeki, jodoh, keturunan yang baik dan hubungan langgeng bagi mereka yang sudah menikah.

Meski ukurannya kecil, berparas imut dan bentuknya sederhana, tapi ternyata Sarubobo punya hubungan batin bagi kebanyakan warga Jepang khususnya Takayama. Sarubobo diyakini memiliki tiga kesaktian: Sebagai penangkal nasib buruk, sebagai pelindung tempat tinggal dan agar kaum ibu dapat melahirkan dengan lancar dan mudah. Warga lokal percaya bahwa monyet adalah makhluk yang memiliki proses kelahiran paling mudah. Itu sebabnya juga mengapa Sarubobo selalu didominasi wajah berwarna merah. Warna itu diyakini mewakili warna bayi monyet yang baru dilahirkan.

Sosok Sarubobo yang selalu hadir tanpa wajah ini ternyata juga menyimpan kisah misteri. Tak ada yang bisa memastikan kenapa Sarubobo selalu dibuat tanpa wajah. Kepingan mitos ini lolos dari pencatatan sejarah budaya Jepang. Dari informasi yang saya baca, ada dua anggapan yang menyangkut wajah jimat unyu ini. Pertama, dulu Sarubobo dibuat dari kain-kain bekas dan para pembuatnya biasanya kesulitan membentuk sketsa wajah karena keterbatasan bahan. Kedua, para pendahulu sengaja membuat boneka ini tanpa wajah agar setiap orang bisa berimajinasi sendiri wajah yang paling sesuai dengan keinginan.

Mana yang benar? Tak jadi masalah! Yang jelas si imut Sarubobo ini masih terpampang di hampir semua sudut Takayama. Entah sebagai gantungan kunci, boneka atau bahkan lukisan. Sarubobo belum kehilangan tajinya hingga kini.

Supported by:

garuda_indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s