Perfect Sanctuary

Published: Getaway Magazine, October 2012

Coba bayangkan, bagaimana rasanya menginap di sebuah resor terpencil di lereng gunung. Jauh dari kepenatan kota bahkan desa. Cuma ada pegunungan yang mengepung resor, terpencil hanya ditemani alam.

Ryokan Myojinkan di Nagano prefecture, Jepang adalah penggambaran yang tepat untuk Lokasi seperti ini. Jauh dari kota memang sengaja dirancang agar tamu dari hotel yang tergabung dalam jaringan Relais & Chateaux ini tidak terganggu dari hingar bingar modernitas dan bisa “mengasingkan diri” secara penuh. Tak perlu jalan-jalan ke mall karena resor ini lokasinya benar-benar tersembunyi di antara pegunungan. Nikmati saja “pengasingan” Anda di sini.

Ryokan Miyojinkan ingin menghipnotis pengunjungnya agar selain bisa menyepi, juga harus menyatu dengan budaya Jepang lebih dekat. Door greeter dengan pakaian ala Sherlock Holmes menyambut saya sebelum memasuki lobby yang berdesain tradisional Jepang. Didirikan di ketinggian 1.050 meter dpl, resor yang dibuat tahun 1931 ini adalah lokasi paling tepat untuk lari dari kepenatan kota besar.

Cara unik resor untuk membuat tamunya bisa menyatu dengan budaya Jepang asli adalah dengan menerapkan aturan wajib memakai kimono dan bakiak selama berada di penginapan. Tak perlu membeli barang-barang tersebut karena pihak resor sudah menyediakannya. Jangan kaget bila masuk ke lobby resor ini mirip masuk mesjid. Alas kaki harus dilepas dan diganti dengan sandal khusus.

Jangan harap ada cheese burger yang dihidangkan hotel ini. Di Myojinkan saya hanyut dalam atmosfir kuliner Jepang karena pihak rersor memang hanya menyediakan menu khas Jepang dengan sayuran organik dari perkebunan milik mereka sendiri. Dan sebagai pecinta kuliner negeri Sakura, saya benar-benar puas menyantap Sushi dan Sashimi yang langsung dibuat di hadapan saya beserta hidangan-hidangan lainnya sambil bergaya mengenakan kimono.

Satu hal yang tak boleh terlewati di Myojinkan adalah Onsen. Berendam ala Jepang yang penuh tantangan! Jika kita biasa berendam di tempat umum dengan pakaian, Onsen justru melarang penuh hal itu. Onsen harus dilakukan tanpa sehelai benang pun di tubuh. Baik di tempat umum maupun di pemandian khusus. Tradisinya, Onsen dilakukan bersama-sama (wanita dan pria), tapi saat ini sudah banyak yang melakukan Onsen secara terpisah.

Di Myojinkan, Onsen dapat dilakukan di ruangan tertutup atau kolam umum yang letaknya terpencil dan di alam terbuka.

Open air Onsen Bath

Otaka Japanese style room

Standing Onsen bath

Getting there

Myojinkan terletak di Matsumoto City, Tobira Onsen Area, Nagano perfecture. (www.tobira-group.com/myojinkan/) Pihak hotel menyediakan fasilitas penjemputan di bandara.

Kontak

+81-263-31-2301

Fasilitas

Lobby, souvenir shop, aroma room, banquet hall, airport pick up (dari bandara Narita, Haneda, Nagoya)

Paket tur

Jigokudani Monkey Forrest, Hakuba, Matsumoto Castle, Kamikochi, Kiso, Yashima Shitsugen. Harga paket tur mulai 25.200 Yen

Kegiatan

Merangkai bunga, memakai kiono, ritual minum teh dan belajar membuat keramik.

Iklan

7 responses to “Perfect Sanctuary

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s