Crazy Bamboo

Published: Getaway Magazine, February 2012

Atraksi menaklukan bambu yang ‘tak waras’

Dunia mistik memang tak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Ingat kisah Bandung Bondowoso yang membangun seribu candi dalam semalam untuk Roro Jonggrang? Tengok lagi film-film bioskop yang beredar. Sederet nama seperti Jailangkung hingga makhluk “penunggu” tempat-tempat terkenal seperti Lawang Sewu dan stasiun Manggarai sudah pernah dipentaskan dalam bentuk film.

Dari zaman dulu hingga zaman digital saat ini, dunia mistik memang tetap melekat pada kehidupan sebagian warga. Beberapa kegiatan “dunia lain” ini bahkan dikemas sedemikian rupa dan dijadikan obyek wisata untuk menarik minat turis.

Ambon, salah satu mutiara dari timur yang banyak dilirik turis Eropa, khususnya Belanda ini masih menyisakan tradisi mereka yang berbau mistik dan dikenal dengan nama Bambu Gila. Buluh Gila atau Bara Suwen, bahasa lokalnya.

Dipercaya, atraksi ini berasal dari Maluku Utara yaitu Ternate. Tak ada yang tahu pasti mulai kapan pastinya Bambu Gila ini tercipta. Sebuah catatan sejarah menjelaskan bahwa permainan ini pertama kali tercatat dalam dokumen milik warga Belanda yang bernama Van Hoevell pada tahun 1875. Yang jelas dari turun-temurun permainan ini memang digelar untuk menghibur masyarakat. Bahkan dipercaya permainan ini sudah ada di Maluku jauh sebelum agama Kristen dan Islam masuk ke Maluku.

Bambu Gila dimainkan oleh 7 orang yang memegang batang bambu yang memiliki 7 ruas sepanjang kira-kira 2 meter dengan diameter sebesar 8 sentimeter. Satu orang memegang obor yang manjadi target pergerakan si bambu gila (semacam matador di Spanyol). Sebelum permainan dimulai, seorang pawang akan melakukan ritual khusus memanggil arwah untuk dimasukan ke dalam batang bambu.

Permainan berawal dari sang pawang yang menyalakan api dan memanaskan bambu yang sudah dipegang kuat oleh 7 pemuda sambil membacakan mantra. Setiap pemuda memegang satu ruas batang bambu. Setelah itu ia mengunyah 7 potong jahe yang kemudian disemburkan ke seluruh batang bambu. Selesai dengan ritual itu,sang pawang meneriakkan kata “Gila!” pada batang bambu. Seolah mendapat suntikan arwah, kemudian bambu mulai bergerak perlahan dan semakin kencang. Sekejap, 7 pemuda bertubuh tegap yang sigap memegang bambu mulai terseret kesana-kemari mengikuti sang pemabawa obor. Api dipercaya sebagai santapan para arwah yang terkurung di dalam bambu.

Para pemain memang tak selamanya kuat menahan ‘gilanya’ sang bambu. Jika kelelahan mereka boleh digantikan dengan penonton. Selain untuk menghidupkan suasana, penonton juga diajak untuk merasakan sendiri kekuatan gaib yang menghibur ini. Tak ada aturan juga apakah harus perempuan atau lelaki yang memainkan permainan ini termasuk juga batasan umur.

Sangat berbeda dengan permainan magis lainnya yang pernah saya saksikan, kamera saya beberapa kali justru menangkap wajah-wajah ceria para penonton yang ikut bergabung menahan batang bambu yang ‘tak waras’ ini.

Lebih ke dalam mengenai filsafat permainan ini, Bambu Gila sendiri menyimbolkan sifat gotong-royong dan persatuan yang dari dulu menjadi ciri khas di masyarakat Maluku. Menurut cerita, para pawang Bambu Gila ini dahulu sering digunakan oleh para Raja Ternate untuk mengusung perahu yang dibuat di daerah pegunungan menuju lepas pantai. Saat ini ilmu Bambu Gila lebih sering digunakan untuk menghibur masyarakat dan menyambut kunjungan para turis.

Iklan

2 responses to “Crazy Bamboo

  1. magic atau mistis itu emang udah menjadi bagian menarik dari indonesia :D, cuma kalo magicnya macam bambu gila ini malah lebih seru kayaknya. beda kalau disuruh masuk sendirian ke lawang sewu. ogah mah kalo itu –“

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s