Menjajal Nyali di Canton Tower

canton tower

Mark Hemel memang tak salah ketika ditunjuk pemerintah Cina yang berambisi besar untuk membangun pencakar langit tertinggi di dunia. Canton Tower yang terdapat di Guangzhou selesai digarap tahun 2010 dengan tinggi mencapai 600 meter. Saat itu, karya Hemel ini sempat menyandang gelar bangunan tertinggi di dunia selama setahun sebelum akhirnya dikalahkan Tokyo Sky Tower pada 2011.

Pembukaan menara ini pada tahun 2010 bertepatan dengan digelarnya Asian Games ke 16 di mana Guangzhou adalah tuan rumah. Sudah pasti kesan fantastis adalah yang pertama terbesit dalam benak saya ketika mengunjungi menara tertinggi di Cina ini. Bagian bawahnya cukup sepi pengunjung. Meski ruangan lobby cukup luas, tapi hanya sedikit pengunjung yang berlalu-lalang. Di sini, saya juga bisa menyaksikan film tentang pembuatan menara yang diproduksi oleh National Geographic Channel.

canton tower

Seorang pemandu menemani saya dalam perjalanan mengenal lebih jauh bangunan ambisius ini. Kami menaiki lift berkecepatan tinggi untuk mencapai lantai observasi. Tanpa getaran sedikit pun, lift langsung seperti kapsul luar angkasa.

Menara bergaya twister (puting beliung) ini memiliki beberapa bagian hiburan dalam setiap lantainya seperti: ruang observasi, spider walk (berjalan di sisi gedung), restoran, spot foto, bubble car dan sky drop. Selain berfungsi sebagai pusat kunjungan turis, Guangzhou TV juga bermarkas di menara ini. Ketinggian menara tentu jadi alasan untuk teknis siaran.

Dari ruang observasi setinggi  433 meter, saya bisa menyaksikan kota Guangzhou yang pagi itu agak berkabut. Jembatan Guangzhou, Pearl River, Gunung Baiyun, International Finance Center, gedung opera dan Jembatan Liede adalah beberapa pemandangan yang tampak jelas dari ketinggian Canton Tower. Dek observasi yang berbentuk lingkaran ini dikelilingi kaca dengan bingkai besi raksasa. Di sini, pengunjung jumlahnya lebih banyak. Selain bisa menikmati pemandangan, saya juga bisa membeli suvenir. Belanja di ketinggian 400 meter sepertinya tak tersedia di tempat lain.

canton tower

Bagi penggila adrenalin, sky drop adalah wahana yang wajib dicoba. Wahana ini berada di menara televisi (paling atas) di mana pengunjung akan dibawa naik hingga ketinggian 484 meter di sisi menara dengan kursi menghadap langsung ke udara terbuka. Kemudian dilepas dengan tiba-tiba layaknya terjun bebas. Selain itu bubble cars juga bisa menjadi wahana yang cantik jika ingin menikmati pemandangan dengan cara berbeda. Enam belas kereta berbentuk kapsul kaca akan mengelilingi tepian gedung di lantai paling atas. Lebih seru lagi jika menjajal spider walk, berjalan kaki menyusuri sisi gedung di ketinggian 300 meter. Tapi jika ingin yang di dalam ruangan, bisa berfoto di ruang observasi yang menyediakan spot khusus berupa ruangan kecil yang dikelilingi kaca termasuk lantainya. Foto di sini cukup membuat merinding karena seolah-olah kita melayang di ketinggian 400 meter.

canton tower

Awalnya saya tertarik untuk menjejakkan kaki di atas lantai kaca setinggi 400 meter ini. Tapi apa boleh buat. Acrophobia sepertinya berhasil mengalahkan saya hari itu. Saya terpaksa keluar dari antrian panjang dengan kepala pusing dan tubuh terhuyung sebelum berhasil merasakan sensasi melayang di atas 400 meter.

Supported by:

AirAsia

Iklan

One response to “Menjajal Nyali di Canton Tower

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s