Cita Rasa Yunani di Jakarta

Jika biasanya saya menikmati salad dengan dressing mayonnaise yang lebih cenderung asam dan manis, kini saya harus membiasakan diri dengan hidangan salad khas Kastoria, sebuah kota yang terletak di Yunani Utara. Saya memang tidak melanglang jauh ke negeri mitologi tersebut, tapi ke sebuah gourmet café yang bernama El Greco di kawasan Setiabudi, Jakarta.

Dalam pakem racikan lokal, salad dihidangkan dengan campuran olive oil dan saus yang mirip mayonnaise namun terasa lebih asam dan ada sedikit rasa pedas. Saya memesan seporsi Kotosalata yang dihidangkan dalam sebuah mangkuk yang berukuran cukup besar. Sedikit lebih besar dari porsi Caesar Salad yang biasa saya pesan di banyak restoran.

Kotosalata adalah semacam chicken salad dengan bahan lettuce (selada), ketimun, tomat dan olive oil. Tak ketinggalan juga tentunya potongan daging ayam yang jumlahnya cukup banyak. Dressing salad tidak terlalu tampak saat dihidangkan karena letaknya memang ada di bagian bawah. Jadi ada baiknya untuk mencampur dulu semuanya. Empat buah irisan bawang bombay menambah rasa salad cukup kuat mengingat dressing khas Kastoria sudah cukup terasa agak pedas.

Menu Bifteki adalah salah satu kuliner khas Yunani yang sudah dikenal luas. Bifteki sendiri berarti “beef burger” di Yunani. Dari namanya, jangan terkecoh dengan burger Amerika yang tampil dengan dua buns dan segala pendamping seperti bawang, saus tomat, melt cheese, pickle dan cheese slice. Bifteki memang menghadirkan daging cincang yang cukup tebal. Biasanya untuk memperkaya rasa, campuran seperti bawang, oregano, olive oil, paprika, remah roti dan telur ikut menyatu dengan gilingan daging cincang ini.

Bifteki di El Greco hadir dengan potongan roti kering dan french fries. Saat menyantap dagingnya, aneka bumbu yang dicampur dalam daging juga ikut terasa terutama onion. Meski campurannya cukup terasa, tapi tidak menghilangkan rasa asli daging sapinya. Daging juga tidak dimasak terlalu matang untuk menjaga tekstur yang tidak terlalu kering. Saat mencuil daging dengan garpu, saya masih bisa melihat potongan daging ini memecah. Jadi daging ini cukup matang dan tidak basah meski bagian dalamnya berwarna agak kemerahan.

El Greco adalah satu-satunya restoran yang menghadirkan menu Yunani di Setiabudi Building, Jakarta. Nuansa lobby dibuat seperti sedang berada di sebuah restoran kecil di yunani. Kursi-kursi kayu berwarna biru dengan meja bermotif kotak-kotak putih biru ditambah langit-langit lobby yang dipenuhi tanaman hijau. Di sudut lobby terapat sebuah replica semacam warung yang diisi dengan berbagai majalah dan surat kabar termasuk surat kabar berbahasa Yunani.  Sambil menyantap Bifteki dan Kotosalata, alunan musik tradisional Yunani ikut menemani makan siang saya.

El Greco

Setiabudi Building/Setiabudi One B-103

Jakarta

Iklan

3 responses to “Cita Rasa Yunani di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s