Ketika Burger Berdaulat

The Republic of Burger. Jalan Cipete Raya No. 26

Andai saja “republik” ini ada sungguhan, saya akan menjadi warga negara yang paling setia. Rumah makan ini awalnya saya pikir tampil cukup megah dengan belasan mobil yang parkir di depannya. Tapi saya salah, The Republic of Burger (TRB) justru hadir sangat sederhana dengan dining area-nya yang cozy dan tak banyak meja. Ciri layanan di kedai burger ini adalah buku menunya yang melekat pada talenan kayu. Mungkin ini cara tuan rumah untuk mendekatkan pelanggannya pada atmosfir makanan.

MAKAN MONSTER

The Republican Monster adalah signature TRB yang paling menantang. Dengan 250 gram daging olahan wagyu Australia, saya sempat kewalahan menghabiskannya. Bun tampil cukup besar dengan isi potongan smoked beef, cheese slice, dan pattys yang tebalnya membuat minder burger lain yang pernah saya makan. Rasa olahan pattys tidak tidak terlalu tajam, mungkin karena minim campuran tambahan seperti garlic. Side dish-nya berupa curly fries dan beberapa potongan lettuce. Menyantap burger ini memang agak sulit dengan tangan kosong karena ukurannya yang tebal. Lebih mudah dengan menggunakan pisau dan garpu yang tersedia. Tapi soal rasa, TRB layak jadi juara.

Menu Junior Bacon and Egg bukan berarti menu ini khusus anak-anak. Orang dewasa pun kadang kekenyangan sebelum menghabiskan menu ini. Dengan side dish yang sama, burger ini berisi telur, bacon dan pattys yang berjenis sausage. Terus terang, saya kurang suka dengan pattys jenis ini. Tapi untuk ukuran menu junior, rasanya tak mungkin juga memasukkan wagyu Australia yang super tebal itu.

Kalau biasanya hidangan tampil fancy dengan piring putih kinclong, kedua menu ini hadir tidak biasa dengan talenan sebagai alasnya. TRB memang tidak tampil mewah. Ruang makan didekor dengan sederhana. Tapi menu yang dihadirkan jauh dari sebuah burger yang sederhana.

TAK PERLU REPOT

Satu-satunya halangan saya untuk berburu kuliner di Jakarta adalah ritual macet yang melegenda. TRB sendiri memang tak menyediakan jasa layan antar, tapi jika sudah kelaparan dan ingin menikmati burger juara ini di rumah atau di kantor tanpa resiko terjebak macet, layanan antar foodpanda bisa menjadi pilihan dan bisa menyantap burger ini dengan gaya sesuai keinginan. Yang jelas jangan pernah menyantap The Republican Monster dengan tangan kosong. Dijamin belepotan!

Iklan

5 responses to “Ketika Burger Berdaulat

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai kuliner, menurut saya kuliner merupakan sesuatu yang berhubungan dengan masak-memasak dan berkaitan dengan suatu pola hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena menyangkut salah satu kebutuhan manusia, yaitu pangan.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai kuliner yang bisa anda kunjungi di pariwisata kuliner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s