7 Hal Penting Saat Berlibur ke Bintan

Daerah tapal batas ini kerap dilupakan pelancong yang lebih tergiur dengan gemerlap Singapura. Lokasinya memang tak jauh dari Negeri Singa. Cukup menggunakan kapal cepat dari dermaga, negeri tetangga pun langsung tergapai. Di balik derasnya arus pelancong yang melangkahi Bintan, pulau mungil ini tetap berusaha bersolek, menarik minat turis lokal yang cenderung abai.

1. Bedakan Kepri dan Riau

Masih banyak pelancong yang menyanjung diri sebagai ‘penjelajah negeri’ namun kebingungan saat harus menjelaskan bedanya Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi Riau membentang di sisi timur pantai Sumatera dengan ibukotanya Pekanbaru. Tahun 2002, urusan politik membuat provinsi ini mengalami pemekaran. Wilayah kepulauan memisahkan diri dari daratan Sumatera dengan sebutan Provinsi Kepulauan Riau dan beribukota di Tanjungpinang yang berada di Pulau Bintan. Sebanyak 2.048 pulau berada di provinsi ini. Sebagian besar berpenghuni dan menjadi sentra ekonomi Indonesia, sebagian lagi masih tak bernama dan tak berpenduduk. Jadi, saat datang ke Bintan, jangan lupa bahwa ini adalah wilayah Kepulauan Riau atau akrab disebut warga lokal sebagai Kepri!

2. Fasihkan Logat Melayu

Kepri memiliki ikatan sejarah yang kental dengan Negeri Jiran. Jangan bingung dengan logat warga Bintan yang mirip bahasa Malaysia. Kerajaan Johor Lingga pernah menyatukan wilayah Semenanjung Sumatera, Singapura hingga Malaysia termasuk Bintan. Sebagai rumpun Melayu, tentu tak sulit melafalkan cengkok bahasa nenek moyang ini. Awalnya memang sedikit sulit, namun setelah terbiasa, rasanya logat ini akan ikut terbawa pulang setelah liburan selesai.

3. Menyantap Obat Kuat

Jenis kuliner khas Kepri ini sangat populer di Bintan. Hampir semua kedai makan selalu setia menyajikan menu ini. Gonggong adalah sejenis keong laut yang dimasak dengan direbus dan langsung dimakan selagi hangat. Menyantapnya tentu saja dengan seporsi sambal asam atau sambal seafood. Menyantap gonggong tak bisa sembarangan. Gonggong yang sudah masak biasanya menyisakan kaki kecil yang menyembul ke luar cangkang. Tinggal ditarik saja bagian kakinya hingga isi dagingnya tertarik ke luar. Jika masih sukar, gunakan tusuk gigi untuk mengambil dagingnya. Melahapnya pun tak bisa sembarangan. Bagian selaput – berada di bawah daging dengan selaput halus- harus dibuang dan tak boleh disantap. Menurut warga, selaput itulah tempat bersembunyinya kuman. Gonggong memang hidangan sederhana yang mudah didapat. Hebatnya lagi, gonggong memiliki efek samping yang bisa meningkatkan vitalitas keperkasaan pria. Jadi, para pengantin baru harus mengarahkan acara bulan madunya ke Bintan untuk menjajal khasiat gonggong.

4. Belajar Arsitektur Telur

Menyeberanglah ke Pulau Penyengat. Dari Tanjungpinang, pulau ini hanya berjarak 15 menit menyeberang. Pulau Penyengat hanya punya luas dua kilometer persegi. Tak ada mobil berseliweran di sini karena jalanannya hanya muat dilalui sepeda motor. Kendaraan umum di sini hanya dilayani oleh becak bermotor atau akrab disapa Bemor. Saat berlabuh di sini, arahkan langkah ke sebuah masjid yang letaknya di depan dermaga. Biasa disebut Masjid Penyengat, nama asli masjid ini sebetulnya adalah Masjid Raya Sultan Riau. Interiornya mirip masjid-masjid di Turki yang didominasi elemen melengkung. Usianya memang sudah berabad-abad, namun bangunannya masih kokoh seperti gedung baru. Istimewanya, masjid ini menggunakan putih telur untuk bahan campuran dindingnya. Entah berapa butir telur yang dibutuhkan untuk membangun masjid, yang jelas penjaga masjid memastikan bahwa kuning telurnya tak terbuang percuma karena dijadikan konsumsi para pekerja yang membangun masjid.

5. Minum Air Awet Muda

Masih di Pulau Penyengat, sambangi gedung Balai Adat. Bangunan ini fungsinya mirip museum dengan berbentuk rumah panggung ala Melayu. Sayangnya, tak terlalu banyak koleksi artefak Kerajaan Johor Riau di dalamnya. Hanya ada ruangan luas yang kosong dengan interior sekitarnya yang dirancang khas Melayu didominasi warna kuning. Warna yang diyakini warga Melayu sebagai simbol kejayaan. Meski interior Balai Adat ini cukup luas, namun atraksi utama di sini sebetulnya adalah sumur tua yang ada di bawah bangunan.

Karena bentuknya rumah panggung, sumur ini jadi mudah untuk didatangi. Ia terlindung dari matahari yang menyengat. Sumur tua ini tak tampak tua sebetulnya. Masih menggunakan cara ditimba dengan ember yang diikat tali, sumur yang berjarak dekat dengan laut ini rasanya jauh dari payau dan airnya pun bening. Konon kisahnya dulu, sumur ini pernah didatangi para pelaut yang mencari air bersih. Namun karena para pelaut ini melanggar aturan-aturan setempat, akhirnya secara misterius ratusan lebah membuat para pelaut ini tunggan- langgang. Kejadian ini juga yang kemudian menjadi awal pulau ini dinamakan Pulau Penyengat.

6. Berjemur di Pulau Pasir

Tak jauh dari Pulau Bintan, menyeberanglah ke Pulau Beralas Pasir. Dari Bintan, pulau mungil ini bisa diakses dengan menyewa boat. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan, pulau sepi yang punya pantai berpasir lembut ini bisa menjadi sanctuary sesaat buat yang jenuh dengan keramaian kota. Tak sekadar menawarkan pantai berpasir lembut, pulau ini juga punya jalur untuk trekking mengelilingi pulau. Tapi yang paling disarankan adalah duduk santai di jajaran bungalow sambil menikmati kelapa muda yang dijajakan Pak Ola.

Berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur, Pak Ola punya kedai kelapa muda bernama Good Coconut. Pelanggannya biasanya turis Singapura. Wajar saja kelapa mudanya dipatok dengan harga turis Singapura, yaitu tiga dolar Singapura per buah. Cukup mahal memang. Namun bermalas-malasan sambil menikmati angin lembut dan pemandangan pantai di sini juga menarik untuk dicoba.

7. Relaksasi di Atas Batu

Sebelum mengakhiri liburan di Bintan, bermalamlah di Bintan Cabana Beach Resort yang berlokasi di daerah Pantai Trikora. Resor yang langsung menghadap laut ini dihiasi batu-batu besar di sisi kirinya, mirip dengan pemandangan pantai di Belitung. Melengkapi liburan, cobalah Spa on the Rock. Paket relaksasi dengan ruangan spa yang terletak di atas bebatuan ini juga menawarkan pemandangan laut yang punya efek santai dan menenangkan. Tujuh ruangan dan empat buah jacuzzi yang menghadap ke pemandangan laut bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan pegal di tubuh setelah seharian mengeksplor Bintan. www.agrobeach.com

 

Garuda Indonesia melayani penerbangan Jakarta – Tanjung Pinang satu kali setiap hari (10:30 WIB)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s