Sutiknyo, Tak Pernah Kapok Merekam Sudut Indonesia

Sutiknyo, lebih akrab disapa dengan nama Tekno Bolang di dunia maya dan komunitas pelancong, atau @Lostpacker di keriuhan timeline Twitter. Nama “Bolang” sendiri diakuinya didapat dari rekan-rekan pejalannya saat bergabung di sebuah komunitas traveler beberapa tahun silam. Pernah mengenyam karir sebagai teknisi pesawat komersil, Sutiknyo kini membenamkan dirinya dalam mewujudkan mimpi-mimpi besarnya menjelajahi Indonesia. Ia juga menulis artikel perjalanan di beberapa media dan membuat foto-foto cantik tentang Indonesia yang menyejukkan mata. Tapi passion-nya untuk berkarya sebagai videografer tak bisa diredam. Film demi film yang dibuatnya dan diunggah ke Youtube kini mulai membuahkan hasil. Pemilik blog www.lostpacker.com ini pun mulai mendulang  penghargaan. Film terbarunya, Kembara, berhasil menjadi Film Favorit di ajang HelloFest 2014.

Apa motivasi utama melakukan perjalanan naik motor ke Timor Leste?

Ini adalah mimpi yang sudah terpendam dari tiga tahun lalu dan baru terwujud beberapa bulan lalu. Motivasinya adalah ingin melihat Nusa Tenggara dengan mata dan kepala saya sendiri.

Pesan moral apa yang ingin disampaikan lewat film Kembara?

Pesan moralnya adalah agar teman-teman muda atau siapa pun yang melihat video itu bisa melihat keadaan nyata sudut-sudut Nusantara ini yang masih jauh dari gemah ripah loh jinawi. Juga bahwa ujung-ujung negeri yang jauh dari ibukota itu suka atau tidak adalah bagian dari NKRI yang seharusnya dapat hak yang sama dalam menikmati hasil pembangunan, pendidkan dan hak-hak lain sebagai warga negara.

Dalam film Kembara ada sosok “Ibu” yang jadi alur cerita. Apa arti “Ibu” buat Anda?

“Ibu” dalam film Kembara adalah kiasan dari Ibu Pertiwi. Tapi di dunia nyata, ibu adalah pahlawan, terutama simbok-ku yang sudah membesarkan Tekno kecil yang ditinggal pergi ibu untuk selama-lamanya sejak umur enam tahun. ( http://lostpacker.com/mbok-djasmi-sang-kartini/ )

Film travel favorit?

Motorcycle Diaries.

Videografer idola?

Febian Nurahman dan Giri Prasetyo.

Film/video apa yang pernah menjadi inspirasi hingga Anda jadi videografer seperti sekarang?

Motorcycle Diaries. Film ini entah kenapa sangat mempengaruhi ruh dan pikiran saya untuk mendokumentasikan setiap perjalanan saya.

Siapa yang menjadi motivator dalam berkarya?

Ayos Purwoaji! Dia dedengkot pertama yang “meracuni” saya untuk buat video, walaupun saat itu saya cuma punya kamera pocket. Dan dia juga yang mengenalkan saya pada Giri Prasetyo, sang legend travel videographer itu.

Pernah kapok mengunjungi suatu daerah?

Kapok sih belum pernah, tapi kalau nyesel sering. Nyesel kenapa tidak dari dulu datang ke tempat-tempat keren itu!

Saran untuk kaum muda yang ingin berkarya melalui film/video?

Mulailah dari hal kecil di sekeliling kita saja. Mencoba peka dengan lingkungan sekitar dan merekamnya dalam bentuk audio visual. Kalau kebetulan senang di travel video, bisa mulai dengan daerah kita sendiri. Satu lagi yang paling penting adalah perbanyak referensi nonton video bagus!

Cita-cita Anda dalam dunia travel videografi?

Saya ingin video-video bagus tentang Indonesia itu di buat oleh putera bangsa sendiri. Hal ini juga yang mendasari saya kenapa memberanikan diri belajar membuat video. Beberapa tahun lalu video-video bagus tentang Indonesia masih dibuat traveler asing.

Iklan

5 responses to “Sutiknyo, Tak Pernah Kapok Merekam Sudut Indonesia

  1. Dia ini yg sekarang jadi idolaku… One day pasti akan ada karyaku… sekarang Mas Bolang lagi Di Sorong-Papua dan akan ke Misool Eco Resort salah satu Resort terbaik di Raja Ampat… saya menantikan karyanya yg ini.. pasti dahsyat luar biasa… Maju terus Tekno Bolang kamu telah jadi Inspirasi dan dampak bagiku. Gbu

  2. Saya juga salah satu yang mengidolakanmu mas.
    karyamu tentang Kembara, seakan membuat saya tersentuh dengan keindahan NTT. Tersentuh untuk mengunjunginya lebih cepat karena saya belum pernah kesana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s