Belajar Seni di Artotel

Tak banyak hotel yang berhasil memadukan unsur seni, dinamika kota besar dan semangat anak muda secara bersamaan. Ketika sekilas melintas di depan hotel yang berlokasi di Jalan Sunda No. 3, Jakarta ini terbesit opini apakah ini hotel, galeri seni atau semacam markas kreatif kaum muda.

Disambut Seni

Mural bergaya pop art membungkus sebagian eksterior hotel yang bersebelahan dengan pusat perbelanjaan Sarinah ini. Memasuki lobinya, saya disambut ruangan nyaman dengan sofa panjang berhias bantal warna-warni di sisi kanan. Di baliknya, restoran yang berfungsi juga untuk hidangan makan pagi tertata rapih dengan desain bergaya urban yang diperkuat dengan mural abstrak berwarna cerah di langit-langitnya.

Sekilas, lobi ini lebih mirip sudut ruangan galeri daripada sebuah hotel. Mempertegas konsepnya sebagai butik hotel bergaya urban, para desainer muda ibukota juga dilibatkan dalam merancang kenyamanan ruangan. Janji Artotel dalam website resminya memang bukan sembarangan. “ARTOTEL offers a hotel experience like no other” tampaknya digarap dengan cukup serius. Memasuki pintu lobi sepertinya hotel ini memang menjanjikan sesuatu yang berbeda.

Kamar Atau Galeri?

Luas kamar yang ditawarkan Artotel tak lebih luas dari kamar hotel budget sekelas Amaris atau Fave Hotel. Namun kelebihan hotel ini adalah desain kamar yang membuat saya tak langsung meletakkan tas, tapi sejenak memperhatikan dulu dinding kamar yang lebih mirip serakan dokumen yang dicorat-coret kemudian dipajang di dinding.

Jika biasanya hiasan kamar terkesan rapih, Artotel justru mengajak tamunya untuk ikut berjingkrak dengan kreativitas anak muda. Hampir tak ada ruang untuk pakem kaku kamar hotel kebanyakan. Di coffee table selain tersedia teh, kopi dan air mineral sebagai komplimen, saya juga dimanjakan dengan mesin kopi Nescafe Dolce Gusto lengkap dengan dua set pilihan rasa kopi, espresso intenso dan cafe au lait.

Sambil menyeduh kopi dengan kemasan trendi ini, saya masih mengamati dinding kamar yang dipenuhi corat-coret khas kaum kreatif muda. Tak berhenti di keunikan wallpaper, Artotel membuat saya tersenyum dengan kemasan toiletries yang dikemas dengan quotes unik. Kemasan untuk sisir, misalnya, dilabeli quoteslife isn’t perfect, but my hair is” atau kemasan sikat gigi dengan quotes “treat your toothbrush like your password. Don’t let anybody use it!” Dengan kemasan seperti ini tentu saja hal sederhana bisa menjadi hal lucu tak terlupakan.

Dikelilingi Makanan

Dekat dengan kawasan Jalan Sabang, Artotel tak bisa lepas dari dunia kuliner di Jakarta. Hanya beberapa ratus meter berjalan kaki, saya sudah bisa menikmati gempita Jalan Sabang di malam hari yang diriuhkan oleh tenda-tenda penjaja makanan lengkap dengan aroma bakaran sate dan nasi goreng yang menyengat. Sekadar untuk kudapan di malam panjang, Martabak Boss bisa dibeli dekat hotel ini.

Tak ingin kalah dengan surga kuliner di sekitarnya, Artotel juga mewadahi tamu-tamunya yang ingin hangout dengan suasana dinamis di Bart (Bar at the Roof Top) yang berlokasi di lantai tujuh. Sambil menikmati mocktail, gemerlap Jakarta akan menjadi latar yang menawan.

Desain, Desain dan Desain

Mungkin inilah hotel yang pada awal beroperasinya langsung menyita banyak perhatian warga ibukota dan langsung meraih sederet penghargaan, seperti Best Hotel Design 2014 (Style & Decor Magazine), Indonesia Leading Lifestyle Hotel 2013/2014 (ITTA Award), Indonesia Leading Design Hotel 2014/2015 (ITTA Award), Best Bar 2014 (Z0mato), Excellence fo Guest Reviews 2014 (Booking.com) dan Most Book Hotel Destination 2014 (Booking.com)

www.artotelindonesia.com

Iklan

6 responses to “Belajar Seni di Artotel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s