Malaysia Airlines Nyatakan Kebangkrutan

 

Berita cukup mengejutkan diumumkan oleh Malaysia Airlines pada 1 Juni 2015. Maskapai nasional Malaysia yang sempat diakui sebagai salah satu maskapai terbaik di dunia itu secara resmi menyatakan kebangkrutan secara teknis. Berita mengejutkan ini disampaikan sendiri oleh CEO Malaysia Airlines, Christoph Mueller, yang juga telah memutuskan untuk melakukan pemecatan pada 20.000 karyawannya.

“Secara teknis kami telah bangkrut bahkan sebelum terjadinya musibah pada 2014 lalu,” jelas Mueller. Malaysia Airlines mengalami nasib buruk pada 2014 dengan kecelakaan beruntun yang menghantam maskapai itu. Penerbangan MH370 dinyatakan hilang hingga kini dan empat bulan kemudian penerbangan MH17 ditembak jatuh saat melintasi kawasan konflik di sekitar Ukraina. Kejadian pahit itu sekaligus menewaskan semua penumpang dan awak pesawat.

Ingin Tampil Baru

Christoph Mueller ingin membawa Malaysia Airlines dengan tampilan baru yang sama sekali terlepas dari masa lalu yang kelam, terlebih karena bencana kecelakaan yang dialami. Program pembaharuan ini rencananya akan dilaksanakan pada September 2015. Kejatuhan Malaysia Airlines yang cukup mengejutkan ini membawa perusahaan tersebut kini diambil alih oleh lembaga keuangan negara.

Rencananya, Christoph Muellar akan mencoba untuk menghentikan kerugian yang terus bertambah ini dan akan mencoba untuk menstabilkannya pada 2016 sebelum pada 2017 akan kembali tumbuh.

Dalam surat elektronik yang dikirimkan kepada seluruh karyawannya, Mueller juga telah memperingatkan akan terjadi perombakan besar-besaran di maskapai tersebut. Pemecatan 20.000 karyawan nantinya akan dilanjutkan dengan penawaran kembali untuk 14.000 karyawan dalam kontrak berikutnya.

Selain pemecatan, diperkirakan Malaysia Airlines akan memangkas juga sejumlah rute long haul yang dianggap tidak menguntungkan. Namun untuk hal ini Mueller masih mempertahankan rute-rute jarak jauh dengan alasan untuk menghadapi para kompetitor.

Iklan

9 responses to “Malaysia Airlines Nyatakan Kebangkrutan

  1. Sumber kencono juga berubah nama karena seringnya kecelakaan menimpanya… walau memang masih ada 1-2 kecelakaan, tapi tidak sefatal dulunya hehehe… Get well soon MAS, hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s