Aplikasi Panduan Wisata Halal Thailand

shutterstock_108628097

Semakin gencarnya industri pariwisata secara tak langsung ikut memberi angin segar pada arus wisatawan Muslim. Setelah beberapa negara di Asia – yang penduduknya didominasi warga non-Muslim – mulai menaruh perhatian khusus pada konteks wisatawan Muslim, kini Thailand juga memberikan kemudahan bagi wisatawan Muslim yang hendak berlibur ke Thailand.

Badan Pariwisata Thailand (Tourism Authority of Thailand-TAT) meluncurkan aplikasi untuk memudahkan wisatawan Muslim dalam menjelajahi dan menikmati Thailand. Aplikasi yang bernama “Thailand Muslim Friendly Destination” ini dapat diunduh secara gratis di smartphone berbasis Android and iOS. Tidak hanya berisi informasi mengenai masjid dan restoran halal yang ada di sekitar pengguna, aplikasi ini juga bisa memberikan panduan untuk menuju kesana. Jika pengguna tidak memiliki akses internet, terdapat pula e-book­ offline yang berisi alamat lengkap mesjid dan restoran halal di Thailand.  Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Thailand dan Inggris, namun sedang dalam proses untuk penambahan bahasa lain, termasuk bahasa Arab dan Indonesia.

Mudah Untuk Digunakan

Penggunaan aplikasi ini pun cukup mudah. Setelah mengunduh, di halaman muka akan ditampilkan beberapa menu utama, seperti: masjids, qibla compass, full halal foods, halal foods, news,offline guidebook dan my favourites. Di menu qibla compass, misalnya, tampilan kompas digital dengan penunjuk arah kiblat tampil menarik. Cukup meletakkan smartphone dan jarum penunjuk akan memposisikan arah kiblat.

Bagi penyuka kuliner, terdapat dua menu di aplikasi ini, yaitu halal food (terdiri lebih dari 500 kedai makan halal pilihan) dan full halal food (kedai makan yang sudah bersertifikasi halal). Masing-masing menu tak hanya menampilkan alamat, tapi juga petunjuk arah berupa peta.

Direktur TAT Jakarta, Nithee Seeprae mengatakan, “Kami sangat senang dapat secara remi meluncurkan aplikasi ini di bulan suci Ramadhan. Kami berharap aplikasi ini akan berguna bagi para wisatawan Muslim dari Indonesia  yang akan berlibur ke Thailand dalam liburan Hari Raya Idul Fitri akhir bulan ini.”

Thailand telah menjadi salah satu destinasi utama di Asia bagi wisatawan asal Timur Tengah. Dan di antara negara-negara non-Muslim, Thailand meraih peringkat kedua di dunia menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) 2015.  Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan fasilitas ruangan berdoa (mushola) di berbagai mal, serta banyaknya restoran Halal di Thailand.

Selain mengandalkan aplikasi di smartphone, makanan Halal di Thailand dapat dengan mudah ditemukan di  foodcourt, misalnya foodcourt MBK, Terminal 21, Platinum, Siam Paragon, dan masih banyak lagi.

Iklan

12 responses to “Aplikasi Panduan Wisata Halal Thailand

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s