Kalimotxo, Minuman “Pemberontak”

summerdrinks-winecola-videoSixteenByNine1050

foto: nytimes.com

Bagi saya, biasanya anggur bukan pasangan sejati cola. Saat mencari bahan campuran untuk cola pun biasanya saya lebih memihak vodka, bukan wine, apalagi red wine. Namun kebiasaan anak muda Spanyol meramu wine dengan cola membuat saya akhirnya penasaran juga.

Disebut kalimotxo (baca: ka-li-mo-cho), minuman yang berawal dari “pemberontakan” anak muda Spanyol yang tak mampu membeli anggur mahal ini malah menjadi populer di beberapa negara barat, termasuk di beberapa bar Amerika Serikat. Menurut sejarahnya, kalimotxo justru akan menemui rasa terbaiknya saat menggunakan anggur termurah.

Meracik kalimotxo cukup mudah, tak membutuhkan skill tinggi sekelas bartender profesional. Kalimotxo bisa dinikmati dengan cukup hanya mencampur 50 persen anggur dengan 50 persen cola. Jika ingin sedikit sensasi, sedikit perasaan jeruk juga bisa ditambahkan. Beberapa orang bahkan mencampur anggur dengan Sprite setelah terlebih dahulu dicampur dengan air soda untuk mengurangi rasa manisnya.

Saya tak lagi menyimpan  Casa Vella D’espiels Cabernet Sauvignon Juve Y Camps, anggur pemberian sebuah hotel ternama di ibukota karena sudah habis saya konsumsi. Dan lagi pula, Juve Y Camps juga tidak termasuk jajaran anggur murah di negerinya, Spanyol. Para winery ibukota juga mengklaim bahwa Juve Y Camps adalah anggur favorit keluarga Kerajaan Spanyol yang juga digunakan untuk menjamu tamu negara. Jelas ini bukan bahan yang tepat untuk membuat kalimotxo.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untungnya saya masih menyimpan sebotol anggur yang juga merupakan cinderamata dari sebuah hotel mewah di Jakarta yang masih bisa saya gunakan untuk meracik kalimotxo. Saya tak tahu label-nya karena sudah diganti dengan label hotel, tapi saya berharap ini adalah anggur yang cukup tepat. Berbekal cola yang saya beli di mini market, saya pun mencoba resep anak muda Spanyol yang “murah meriah” ini. Setengah gelas wine dan setengahnya lagi diisi cola. Mungkin tak sesempurna hasil racikan pemuda Spanyol, tapi cukuplah untuk sekadar menyegarkan diri sepulang kerja yang membuat penat.

Iklan

One response to “Kalimotxo, Minuman “Pemberontak”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s